Kamis, 03 Februari 2011

Hipnoterapi atau Psikoanalisis?


Sebenarnya hipnoterapi dan psikoanalisis saling berhubungan. Layaknya hipnosis dan NLP (Neuro-Linguistic Program). Namun apabila menggunakan kedua metode tersebut Sigmund Freud, pakar psikologi asal Austria mengatakan bahwa ia takut menggabungkan kedua metode tersebut dalam terapi akan menciptakan kebingungan dalam teknik asosiasi bebas dalam psikoanalisis.

Perbedaan dari hipnoterapi dan psikoanalisis adalah:
Hipnoterapis bekerja di alam bawah sadar, di mana gangguan dari luar tidak akan ada. sehingga pengobatan atau pemulihan pasien berasal dari usaha pasien sendiri untuk menyembuhkan penyakit dan permasalahan-permasalahan yang ada. Sedangkan psikoanalisis, mereka bekerja dengan bantuan teknik asosiasi bebas, di mana pasien membayangkan berfantasi untuk membantu terapis mengetahui apa gejala dari masalah yang sedang dihadapi oleh pasien. Lalu terapis dan pasien bersama-sama menyelesaikan masalah yang ada. terapis di sini ikut membantu atau mengarahkan pasien.


Hipnoterapi bekerja dari dan untuk anda sendiri, tidak ada campur tangan terapis atau orang lain yang bisa mengganggu proses penyembuhan sehingga hasil yang dicapai bisa maksimal.