Minggu, 27 Februari 2011

Mengapa Hipnoterapi Bagus untuk Anak-Anak?


Banyak hal yang bisa mempengaruhi hidup seorang anak. Tekanan dari keluarga, Permasalahan yang ada di rumah, bahkan masa puber pun bisa memperngaruhi pola pikir anak dan nantinya akan berimbas pada perilaku, kebiasaan, dan karakter anak.

Di rumah, permasalahan keluarga, tekanan untuk mendapat nilai bagus di sekolah, seringnya ia dimarahi di rumah, kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua, bisa mengakibatkan trauma atau stress pada anak. Mengompol, menghisap jempol, dan lain-lain adalah cara anak untuk melepas dirinya dari stress tersebut. Itu adalah responnya terhadap stress dan tekanan-tekanan yang dialaminya di rumah. Buruknya komunikasi orang tua dengan anak terhadap permasalahan yang sedang dihadapinya berakibat buruk pada emosi anak, karena orang tua tak bisa membantunya menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya, anak akan terus memendam kekesalan, stres, dan kesedihannya. Seorang anak yang berasal dari broken home akan merusak hubugan perkawinannya dan hubungannya nanti dengan anak-anaknya sendiri saat ia dewasa kelak.

Sedangkan di luar rumah, contohnya sekolah anak-anak sering mendapat tekanan dari guru atau kepala sekolah yang galak, teman-teman, atau kebosanannya pada pelajaran sekolahnya. Ketika anak harus pindah ke luar kota bersama keluarganya dan pindah ke sekolah baru, anak akan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Apabila anak tidak suka dengan lingkungan barunya, ia akan lebih mudah stres.

Mengapa hipnoterapi bagus untuk anak? Jawabannya sederhana. Imajinasi. Anak-anak amat mudah dalam berimajinasi. kemampuan bervisualisainya masih amat bagus, sehingga mudah untuk mengikuti terapi dengan hipnoterapi yang banyak bermain dalam visualisasi, auditori, dan kinestetik. Anak-anak lebih mudah mencapai tingakt yang paling dalam relaksasi dibandingkan orang dewasa. Anak-anak juga lebih suka cerita petualangan, cerita imajinatif, visualisasi, peran-bermain, sihir, boneka dan kostum. Hipnoterapis hanya akan membantu membimbing anak-anak untuk menghilangkan trauma mereka, stres dalam pikiran, dan mempermudah mereka dalam belajar, baik di sekolah maupun lingkungan rumah dan sosialnya.