Selasa, 12 April 2011

Atasi Psikosomatis dengan Hipnoterapi




Apakah anda sering merasa sakit kepala atau sakit punggung disertai oleh alasan yang tidak jelas? Anda seringkali merasa nyeri punggung dan migrain padahal anda makan dan minum cukup setiap hari? Apabila ya, kemungkinan penyakit anda adalah psikosomatis.


Psikosomatis atau somatisasi adalah gangguan psikis yang tampil dalam bentuk gejala-gejala fisik. Dengan kata lain, psikosomatis adalah penyakit fisik yang disebabkan oleh program pikiran negatif dan/atau masalah emosi seperti stress, depresi, kecewa, kecemasan, rasa berdosa, dan emosi negatif lainnya.


Banyak peristiwa di mana saat pasien akan dioperasi mendadak hipertensi padahal di keluarganya tak ada sejarah hipertensi, sehingga operasi terpaksa ditunda, atau leukositnya tiba-tiba saja naik drastis sehingga butuh proses untuk menurunkan leukositnya terlebih dahulu agar dapat dioperasi. hal-hal tersebut terjadi karena psikosomatis. Tubuh dan Pikiran anda menolak untuk melakukan operasi sehingga bereaksi seperti itu.


Untuk membedakan mana penyakit fisik asli dan psikosomatis, cobalah periksa ke dokter terlebih dahulu tentang penyakit anda. Apabila anda dan dokter tetap tidak bisa menemukan akar permasalahan dari penyakit tersebut maka kemungkinan besar itu adalah psikosomatis.


Hipnoterapi dapat membantu menyembuhkan psikosomatis. Karena seringkali psikosomatis terjadi dari pikiran bawah sadar anda. Hipnosis dapat membantu terapis untuk masuk ke dalam pikiran bawah sadar anda untuk menanyakan akar permasalahan yang sedang dihadapi, yang memungkinkan anda untuk mengalami psikosomatis. Pikiran bawah sadar akan mengatakan segala permasalahan yang sedang dirasakan pada terapis, tentu saja ini terjadi ketika dua belah pihak sudah setuju untuk menjalani terapi dan mengikuti kode etik yang ada.


Gejala-gejala dari psikosomatis mungkin dapat diredakan oleh obat-obatan anti nyeri, namun bukan berarti permasalahan sesungguhnya teratasi. Emosi anda masih merasakan masalah tersebut.