Sabtu, 09 April 2011

Hypnoparenting itu Sangat Mudah


Pernah mendengar Hypnoparenting? Mungkin terdengar asing untuk anda, hipnosis untuk parenting? Bila anda belum tahu, dengan senang hati akan kami jabarkan di sini. Hypnoparenting adalah salah satu metode parenting yang dapat anda lakukan dengan mudah di rumah. Hal ini tidak mengharuskan anda untuk membuat anak anda masuk dalam kondisi trance untuk dapat dihipnosis. Anda dapat membuat anak anda menjadi rajin belajar, rajin mengerjakan tugas sekolah, pekerjaan rumah tangga seperti membantu anda membuang sampah, dll secara sadar.

Sejak lahir anak anda sudah otomatis tersugesti oleh anda. Mereka mengikuti apa yang anda katakan, apa yang anda lakukan, juga meniru ekspresi anda. Anda bisa coba pada bayi anda yang minimal berusia lima bulan. Tatap matanya dan tersenyumlah padanya, dengan refleks ia akan membalas senyum anda, itu disebut juga dengan “refleks senyum”. Itu adalah salah satu bentuk hipnosis yang telah anda mulai pada anak anda. Contoh lain adalah ketika anda tidak ingin anak anda memakai sandal saat bepergian melainkan sepatu, maka anda harus menunjukkan bahwa anda juga memakai sepatu di depannya saat hendak bepergian. Anak akan dengan cepat meniru apa yang orang tua mereka lakukan. Apabila anda ingin anak anda untuk rajin membaca buku, bacalah buku sesering mungkin di hadapannya, maka ia akan mengikutinya secara tak sadar.


Namun semakin anak beranjak besar, semakin besar pula usaha yang harus anda lakukan untuk menghipnosisnya. Ketika anda ingin ia membantu anda untuk mencuci piring berjongkoklah atau berlututlah di depannya sehingga mata anda sejajar dengan matanya dan berikan kalimat permintaan positif, “Tristan sekarang waktunya Tristan cuci piring ya..”, kalimat ini jauh lebih efektif dibandingkan dengan kalimat tanya seperti ini, “Tristan bisa tolong cuci piringnya?”. Kalimat positif tak memberinya pilihan untuk melakukan hal lain, sedangkan kalimat tanya membuatnya dapat memilih untuk tidak melakukannya. Ingin tahu cara agar ia melakukan apa yang anda minta ketika anda memintanya pertama kali? Tambahkan anggukan kepala saat anda meminta ia untuk membantu anda sebagai tanda kesediaanya, dan anda akan terkejut saat melihat ternyata ia membalas anggukan anda!


Saat anak anda sulit tidur karena cemas menghadapi ujian di sekolah esok hari, ceritakan dongeng sebelum tidur pada malam sebelumnya yang menceritakan seorang anak yang persis dirinya yang selalu percaya diri, dan dapat menghadapi semua rintangan dan masalah yang sedang dan akan dihadapinya. Meskipun anda tak meyebut namanya dalam cerita itu, ketika anda bercerita dengan tokoh yang mirip dirinya, secara otomatis di imajinasinya ia membayangkan dirinya, saat itulah ia menghipnosis dan memberikan sugesti pada dirinya sendiri, atau disebut juga self-hypnosis.


Tidak semua hipnosis itu sulit, dan tidak semua hipnosis harus dilakukan dalam kondisi trance. Hypnoparenting dapat dilakukan dengan mudah, kapanpun, di manapun dan oleh siapapun. Bila anda setuju dan sudah paham, ayo praktekan sekarang juga!